Selasa, 04 November 2014

X-3

Posted by Unknown on 20.22 in | 1 comment

PEMASARAN PRODUK KETELA
KEPO
(CASSAVA POLIP SPICY)









MADRASAH ALIYAH KOTA KEDIRI 3
Jln.letjen Soeprapto No.58 KEDIRI

DAFTAR ISI.

Cover
Pendahuluan
Kata pengantar                                                                                                i
Lembar pengesahan                                                                            ii
Daftar isi                                                                                               iii
Isi                                                                                                                    1
I.Latar belakang                                                                                   1                      II.Tujuan                                                                                              1                      III.Segmentasi produk                                                                         2
IV.Keunggulan Produk                                                                          2
            V.Analisa Swot                                                                                      2
VI.Analisa 4P                                                                                        3
VII.Aspek Keuangan                                                                             3
            Penutup                                                                                                           5
            Gambar produk                                                                                                            6










I. Latar Belakang
Dalam suatu pemasaran dalam sekolah banyak sekali bentuk dan macam-macam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah sampai yang mahal.
Dalam keseharian siswa-siswi banyak sekali aktivitas yang harus dijalani. Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak siswa membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan yang tersedia dikantin maupun kopsis saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut bukanlah makanan khas Indonesia, serta harga yang ditawarkan juga kebanyakan terlalu mahal.
Salah satu makanan khas Indonesia namun belum terlalu disukai banyak orang , tetapi sangat cocok menjadi konsumsi,maupun cemilan adalah ketela. Ketela tersebut diolah menjadi KEPO (cassava polip spicy atau ketela yang menempel pada rasa pedas).
Dengan pembuatan KEPO yang dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, tetapi lebih higienis, serta akan dijual dengan harga yang sangat terjangkau, maka tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.
Munculnya produk baru Kepo ini merupakan usaha mengembangkan olahan dari ketela yang belum terlalu mendapat perhatian,dengan adanya pertimbangan yang matang diharapkan KEPO akan menjadi salah satu cemilan alternatif yang sehat dan praktis.
Dengan hal tersebut, maka saya ingin membuat usaha cemilan, yaitu usaha  "Cassava polip spicy (ketela yang menempel pada rasa pedas)" untuk dikembangkan menjadi usaha besar agar semua kalangan masyarakat dapat menikmati makanan khas Indonesia tanpa terkecuali terutama di kalangan pelajar.


II. Tujuan
Tujuan saya memilih jenis usaha ini yaitu:

1.    Memenuhi syarat perlombaan
2.    Mencari keuntungan/laba
3.    Menarik minat konsumen untuk merasakan masakan yang baru dan unik
4.    Mencapai target penjualan
5.    Memanfaatkan bahan yang belum terlalu diperhatikan

III. Segmentasi Produk
·         Potensi pasar.
Peluang pemasaran begitu mudah,dikarenakan di kalangan siswa-siswi yang setiap harinya  memerlukan asupan karbohidrat dan menyukai cemilan yang relatif murah namun enak. Tentunya siswa-siswi yang masih tahap pertumbuhan memilih makanan yang murah namun bisa dikatakan mendapat yang bergizi,yaitu salah satunya KEPO.
·         Objek pasar.
Objek yang dipilih adalah kelas-kelas,kantin,dan asrama. Banyak sekali siswa siswi
yang ketika istirahat memilih diam di dalam kelas,hal ini dapat dimanfaatkan dengan menjual KEPO disekitar kelas. Produk juga bisa ditempatkan di kantin maupun di koperasi siswa dengan sistem penitipan,hal ini dikarenakan juga banyak siswa-siswi yang memilih ke kantin dan koperasi siswa ketika istirahat. Objek pasar selanjutnya adalah asrama,dikarenakan ketika malam hari asrama jauh dari minimarket,indomaret maupun warung potensi menjual makanan ringan sangat tinggi.

·         Sasaran pasar.
Siswa-siswi maupun pegawai sekolah, dengan sasaran semua siswa-siswi kelas 10,11 maupun 12.

IV. Keunggulan Produk
Keunggulan dari produk ini yaitu:
1.    Memiliki bentuk stik.
2.    Memiliki berbagai macam-macam rasa,yaitu:balado,sapi panggang,ayam panggang,barbeque,dan keju.
3.    Bahan produk yang higienis.
4.    Mengandung karbohidrat tinggi.

V. Analisa Swot
Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu melalui analisis SWOT:

1. Strenght (Kekuatan)
Kekuatan dari produk ini adalah:
 - Menjual produk untuk semua kalangan pelajar,guru maupun pegawai dengan harga terjangkau.
 - Produk terdiri dari beberapa macam rasa yang disukai kalangan pelajar.
 - Bahan produk yang terjamin dan higienis.

2. Weakness (Kelemahan)
Kelemahan dari produk ini adalah:
 - Tidak tahan lama.
 - Produknya mudah ditiru.

3. Opportunity (Peluang)
 - Tempat Strategis.
 - Fasilitas yang cukup memadai.
 - Belum adanya produk yang serupa.

4. Threath (Ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah

VI. Analisa 4P
1. Product (Produk)
Produk yang dijual adalah "cassava polip spicy atau ketela yang menempel pada rasa pedas" sebagai produk utama,dan berbagai pilihan rasa lainya yang merupakan makanan selingan sehari-hari.
2. Price (Harga)
Harga perporsi Rp 1.000 karena harga ini sangat terjangkau dan relatif murah
3. Promotion (Promosi)
Dalam melakukan promosi produk ini dengan menyebarkan brosur kepada para siswa-siswi dan dilakukan masa promosi pada setiap pembelian 1 paket dengan isi 5 porsi akan memberikan diskon 10% dari harga tersebut, serta diberikanya sampel percobaan rasa agar pembeli mengetahui rasa dan tidak kecewa.
5. Place (Tempat)
Tempat yang dipilih yaitu kampus MAN KOTA KEDIRI 3, karena letaknya cukup strategis dan tempat wajib penjualan.

VII. Aspek Keuangan

1. Apsek Modal
- Bahan Baku

No
Nama bahan
jumlah
Harga
1
ketela
2 kg
4000
2
Minyak goreng
½ liter
4500
3
garam

800
4
Bumbu tabur
Setiap rasa 1 ons
15000
5
bungkus
1 pack
3000
6
Gas elpiji
1
14000

Total

41800
- Modal
Bahan baku + Ongkos angkut= Rp41800  +Rp.2000=Rp.43800  

2. Perhitungan Keuntungan
Harga Jual: Rp 1000x 100 porsi = Rp 100.000
Harga Pokok Produk perunit:
Harga beli bahan baku RP 418
Ongkos angkut Rp.20
---------
Rp 438

Jumlah Hpp: Rp 438 x 100 porsi = Rp43800
Laba kotor = Rp 56.200

Biaya penjualan:
Biaya pembuatan brosur Rp 5000
Biaya transportasi RP 5000
biaya lainya Rp. 5000
---------
Rp 15.000
Laba bersih Rp.41.200

Perhitungan margin keuntungan

Rp 41.200
---------- x 100% = 41,2%
Rp 100.000

VII. Penutup
Harapan saya untuk produk "KEPO" Adalah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Disamping itu, saya mengharapkan supaya produk makanan ini tidak berkurang, karena produk ini sangat bagus dan berkualitas. 

1 komentar:

  1. menarik juga nih ketela kepo apalagi sekarang belum ada punya idenya kayak gini.

    BalasHapus

Popular Posts

Search Our Site

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter